STRATEGI BELAJAR PQ4R

Konsep Strategi Belajar PQ4R

Strategi PQ4R (preview, question, reading, reflect, recite, review) bersumber pada prinsip belajar dan penemuan dari psikologi kognitif. Sejumlah studi tentang strategi PQ4R menyimpulkan bahwa metode ini dapat membuat perbedaan dalam sejumlah informasi pada tes. Strategi ini dapat mengarahkan siswa kepada terciptanya lingkungan pembelajaran yang aktif, dan memproses informasi lebih dalam lagi. Sebagian besar siswa menggunakan strategi belajar yang pasif. Membaca pasif akan membentuk karakter saat bekerja nanti menjadi seorang pekerja keras tapi lemah dalam ingatannya.

Logsdon (2007) menyatakan bahwa siswa membutuhkan strategi yang efektif untuk memahami apa yang mereka baca dan untuk mengingat secara detail apa yang sudah mereka baca. Salah satu strategi yang cukup efektif dalam tujuan ini adalah strategi yang dikenal dengan istilah PQ4R strategy. Strategi PQ4R ini telah dikenal cukup lama dalam pembelajaran reading namun tetap diyakini efektif membantu siswa dalam reading. Oleh karena itu, strategi PQ4R dalam penelitian ini akan merujuk kepada strategi PQ4R yang diajukan oleh Thomas dan Robinson (1972) yang didukung oleh beberapa ahli lainnya seperti Fergoson (2005) dan Logsdon (2007). PQ4R merupakan singkatan dari Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review. PQ4R ini merupakan tahapan-tahapan langkah yang dilakukan dalam memahami sebuah teks bacaan.

Langkah-langkah Strategi Belajar PQ4R

Metode ini dikembangkan oleh Thomas dan Robinson (1972) menurut Anderson (1990:211) pada hakekatnya merupakan penimbul pertanyaan dan tanya jawab yang dapat mendorong pembaca teks melakukan pengelolahan materi secara  lebih mendalam dan luas.

Langkah-langkah yang digunakan :

a)  Preview, bab yang akan dipelajari hendaknya disurvei terlebih dahulu untuk menentukan topik umum yang terdapat di dalamnya. Kemudian bab sub bab yang dalam bab tersebut hendaknya di identifikasi sebagai unit-unit yang akan dibaca.

b) Question, pertanyaan-pertanyaan yang relevan dengan sub bab hendaknya disusun misalnya dengan cara mengubah judul sub bab yang bersangkutan ke dalam bentuk kalimat-kalimat pertanyaan

c) Read isi sub bab hendaknya dibaca cermat sambil mencoba mencari jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan yang telah disusun tadi

d) Reflect selama membaca isi sub bab hendaknya di kenang secara mendalam atau difikirkan agar dapat dipahami isinya dan menangkap contoh-contohnya serta menghubungkannya dan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya

e) Recite, setelah sebuah sub bab selesai dibaca, informasi yang terdapat didalamnya hendaknya diingat-ingat lalu, semua pertanyaan mengenai sub bab tersebut dijawab

f) Review setelah menyelesaikan satu bab, tanamkanlah materi bab tersebut ke dalam memori sambil mengingat. Ingat intisari-intisarinya. Kemudian, jawablah sekali lagi seluruh pertanyaan yang berhubungan dengan sub bab dari bab tersebut.

 

Tinggalkan komentar