DIRECT INSTRUCTION

Pengertian Direct Instruction

Model Pembelajaran Langsung atau Direct Instruction (DI) adalah pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada  siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara optimal. Siswa memperoleh informasi pengetahuan dan tidak dituntut untuk menemukan materi itu. Pengajaran Langsung merupakan suatu model pengajaran yang sebenarnya bersifat teacher center, dengan penekanan pembelajaran deklaratif, prosedural dan keterampilan akademik terbimbing. Dalam Pembelajaran ini guru  menerapkan dengan mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan yang akan dilatihkan kepada siswa langkah demi langkah.

 

Ciri-ciri Direct Instruction

  1. Pembelajaran dilakukan dengan cara menyampaikan materi pelajaran secara verbal, artinya bertutur secara lisan merupakan alat utamanya. oleh karena itu sering diidentikkan dengan ceramah
  2. Pembelajaran menyajikan materi pelajaran yang sudah jadi, seperti data atau fakta, konsep-konsep tertentu yang harus dihafal atau dipahami sehingga tidak menuntut siswa untuk berpikir ulang.
  3. Tujuan utama pembelajaran adalah penguasaan materi pelajaran itu sendiri, Artinya, setelah proses pembelajaran berakhir siswa diharapkan dapat memahaminya  dan  dapat mengungkapkan kembali materi yang telah diuraikan dengan benar
  4. System pengelolaan dan lingkungan belajar yang diperlukan agar kegiatan tertentu dapat berlangsung dengan berhasil
  5. Pengetahuan yang dikuasai siswa termasuk pengetahuan deklaratif dan prosedural. Yang termasuk pengetahuan deklaratif seperti konsep, definisi, atau sejenisnya. Sedangkan tata cara tentang sesuatu, tahapan, atau mekanisme suatu proses atau kegiatan termasuk prosedural

2 thoughts on “DIRECT INSTRUCTION

Tinggalkan komentar